TWITTER UNTUK MODEL BISNIS
Twitter, situs jejaring sosial berdasarkan 140 -pesan teks
karakter, adalah jejaring sosial Buzz Fenomena tahun. Seperti semua jaringan
sosialsitus seperti Facebook, MySpace, YouTube,Flickr, dan lain-lain, Twitter
menyediakan platform untukpengguna untuk mengekspresikan diri dengan membuat
konten dan berbagi dengan mereka "pengikut", yang mendaftar
untukmenerima seseorang "tweet." Dan seperti kebanyakan sosialsitus
jejaring, Twitter menghadapi masalah bagaimanauntuk membuat uang. Pada Oktober
2010, Twitter memilikigagal untuk menghasilkan laba sebagai
manajemenmerenungkan bagaimana cara terbaik untuk memanfaatkan buzz dan basis
pengguna itutelah menciptakan.Twitter mulai sebagai versi berbasis web
populerlayanan pesan teks yang disediakan oleh ponseloperator. Eksekutif di
sebuah perusahaan Podcasting yang disebutOdeo sedang mencari pendapatan baru
penghasilproduk atau jasa.
Pada bulan Maret
2006, mereka menciptakanberdiri sendiri, perusahaan swasta bernama Twitter. Ide
dasarnya adalah untuk menikah pesan teks singkatpada ponsel dengan Web dan
kemampuannya untuk menciptakankelompok sosial. Anda mulai dengan mendirikan
Twitterrekening online, dan mengidentifikasi teman-teman bahwa Andaingin
menerima pesan Anda. Dengan mengirimkanpesan teks yang disebut "tweet"
ke kode pendek pada Andaponsel (40404), Anda dapat memberitahu teman Anda
apaAnda lakukan, lokasi Anda, dan apa pun yang Andamungkin ingin mengatakan.
Anda terbatas pada 140 karakter,tetapi tidak ada instalasi dan tanpa biaya.
Sosial inipesan layanan jaringan untuk menjaga teman-temaninformasi adalah
sukses menghancurkan.Datang dengan nomor yang solid untuk Twitter tidakmudah
karena perusahaan tidak merilis apapun "resmi"angka.
Pada September 2010, Twitter, menurutcomScore, memiliki
sekitar 30 juta unik setiap bulannyapengguna di Amerika Serikat, dan mungkin 96
jutadi seluruh dunia, menggusur MySpace sebagai nomor tigajaringan sosial
global (di belakang Facebook danMicrosoft Live Profile).Jumlah tweet individu
juga dikenalhanya oleh perusahaan. Menurut perusahaan, olehawal tahun 2007,
Twitter telah ditransmisikan 20.000 tweet,yang melonjak menjadi 60.000 tweet
dalam beberapa bulan.Selama pemberontakan Iran pada bulan Juni 2009, ada dilaporkan
menjadi lebih dari 200.000 tweet per jamdi seluruh dunia. Pada bulan Oktober
2010, Twitter sedang merekamlebih dari 1,2 juta tweet per bulan.
Di sisi lain,ahli
percaya bahwa 80 persen dari tweets dihasilkan oleh hanya 10 persen dari
pengguna, dan bahwamedian jumlah pembaca menciak setiap tweet 1(Kebanyakan
tweeter tweet ke salah satu follower). Bahkan lebihmengganggu adalah Twittter
yang memiliki 60 persen churnrate: hanya 40 persen pengguna tetap lebih dari
satubulan. Jelas, banyak pengguna kehilangan minat dalambelajar tentang
teman-teman mereka 'menu sarapan, danbanyak yang merasa "terlalu
terhubung" untuk mereka "teman-teman," yang padaBahkan mungkin
hanya kenalan jauh, kalau itu. Disisi lain, selebriti seperti Britney
Spearsmemiliki ratusan ribu "teman" yang mengikutikegiatan mereka, membuat
Twitter yang mengagumkan, gratispublic relations alat. Twitter sayangnya
tidakmembuat satu sen pada kegiatan ini.Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan
tentang pengguna yang unik,jumlah tweet, dan churn rate sangat penting
untukmemahami nilai bisnis dari Twitter sebagai sebuah perusahaan.
Sampai saat ini, Twitter telah menghasilkan kerugian dan
memilikiPendapatan diketahui, tapi pada Februari 2009, itu mengangkatUS $ 35
juta kesepakatan yang dihargai perusahaan pada$ 255.000.000. Berikut September,
Twittermengumumkan telah mengumpulkan $ 100 juta tambahanpendanaan, dari
perusahaan ekuitas swasta, sebelumnyainvestor, dan reksa dana raksasa T. Rowe
Price, berdasarkanpada penilaian perusahaan dari mengejutkan $ 1000000000!Jadi
bagaimana Twitter dapat membuat uang dari penggunanyadan tweet mereka? Apa
model bisnis dan bagaimanamungkin berevolusi seiring dengan waktu? Untuk
memulai, mempertimbangkanaset perusahaan dan proposisi nilai pelanggan.
Aset utama adalah perhatian pengguna dan ukuran
penonton(Bola per hari). Proposisi nilai yang "mendapatkannyasekarang
"atau real-time berita tentang apa saja dariduniawi ke monumental.
Sama-samaaset penting adalah database tweet yangberisi komentar, pengamatan,
dan opini yang objektifdari penonton, dan mesin pencari bahwa ranjaumereka
tweet pola. Ini adalah real-time danpengamatan spontan.Namun aset lain telah
muncul dalam tahun lalu:Twitter adalah sebuah alternatif media platform yang
kuat untukdistribusi berita, video, dan gambar. Sekalilagi, tidak ada yang
meramalkan bahwa Twitter akan menjadipertama untuk melaporkan serangan teroris
di Mumbai,pendaratan sebuah pesawat jet penumpang di Sungai Hudson, yang Pemberontakan
Iran pada bulan Juni 2009, atau kekerasan politikdi Bangkok dan Kenya pada Mei
2010.Bagaimana bisa aset tersebut menghasilkan uang? Periklanan,apa lagi! Pada
bulan April 2010, Twitter mengumumkan itu s pertama terjun ke pasar iklan
besar-waktu dengan DipromosikanTweets. Pikirkan Twitter mesin pencari: dalam
menanggapipermintaan pengguna untuk fungsi pencarian Twitter untuk,
katakanlahnetbook, Best Buy iklan untuk netbook akan ditampilkan.
Perusahaan mengklaim Promoted Tweets adalahtidak benar-benar
iklan karena mereka terlihat seperti semua tweet lain,hanya bagian dari aliran
menciak pesan. Iniyang disebut "tweet organik" karena itu berbeda
dari tradisionaliklan teks mesin pencari, atau iklan jaringan sosialyang jauh
dari organik. Sejauh ini, Best Buy, Bravo,Red Bull, Sony, Starbucks, dan Virgin
Amerika memilikimendaftar. Jika hal ini benar-benar bekerja, ribuan
perusahaanmungkin mendaftar untuk ledakan pesan ke jutaanpelanggan dalam
menanggapi pertanyaan terkait.Twitter Sebuah upaya monetisasi kedua
mengumumkanpada bulan Juni 2010 disebut Tren Dipromosikan. Tren adalahbagian
dari halaman rumah Twitter yang memungkinkan pengguna mengetahuiapa yang panas,
apa yang banyak orang bicarakan.
Perusahaan mengklaim ini adalah "organik," dan
benarrefleksi dari apa yang orang tweeting tentang.Tren Dipromosikan adalah
kecenderungan bahwa perusahaan akaningin memulai. Sebuah perusahaan dapat
menempatkan dipromosikanTren banner di bagian bawah halaman dan ketikapengguna
mengklik banner, mereka akan dibawa keHalaman pengikut untuk itu film atau
produk. Disneymembeli Tren Dipromosikan untuk Toy Story 3 filmnya,menurut
Twitter.Pada bulan Juli 2010, Twitter mengumumkan inisiatif ketigatahun: @
earlybird account, yang pengguna dapatikuti untuk menerima penawaran khusus.
Walt Disney Picturestelah menggunakan layanan untuk mempromosikan
BertuahApprentice dengan menawarkan twofers (membeli satu tiket, dapatsatu gratis).
Layanan bisa bekerja dengan baikdengan apa yang disebut real-time atau
"flash" pemasarankampanye dalam hiburan, fashion, barang-barang
mewah,teknologi, dan produk kecantikan. Sejauh ini, Twitter memilikilebih dari
50.000 @ earlybird pengikut dan harapan untuk mencapai"Tokoh
masyarakat," orang-orang yang membentuk pembeliankeputusan banyak
lainnya.Layanan lain Mendapatkan adalah temporal real-timemencari. Jika ada
satu hal Twitter memiliki unikdi antara semua situs jaringan sosial, itu real-timeinformasi.
Pada tahun 2010,
Twitter menandatangani perjanjiandengan Google, Microsoft, dan Yahoo untuk
mengizinkanmesin pencari untuk tweets indeks dan membuat merekatersedia untuk
seluruh Internet. Layanan ini akan memberikangratis konten real-time untuk
mesin pencari sepertibertentangan dengan isi arsip. Tidak jelas siapa yang
melakukanyang layanan di sini, dan pengaturan keuangantidak umum.Pemain besar
lainnya yang sedang bereksperimen. Lembah kecilmembuat akun stopkontak Twitter,
@ DellOutlet, danmenggunakannya untuk menjual komputer-kotak terbuka dan
dihentikan.Dell juga mempertahankan beberapa layanan pelangganaccount.
Twitter bisa mengisi rekening tersebutkomisi penjualan
karena Twitter bertindak sepertie-commerce penjualan platform mirip dengan
Amazon. Lainperusahaan telah menggunakan basis penggemar mereka pengikut
Twitter 'untuktiket diskon pasar udara (Jet Biru) dan salamkartu
(Somecards).Freemium kemungkinan lain: meminta pengguna untuk membayarbiaya
berlangganan untuk layanan premium sepertivideo dan download musik. Namun,
mungkin terlaluterlambat untuk ide ini karena pengguna telah datang ke
harapkanlayanan untuk bebas. Twitter bisa mengisi layananpenyedia seperti
dokter, dokter gigi, pengacara, dan rambutsalon untuk menyediakan pelanggan
dengan tak terdugajanji ketersediaan. Tapi Twitter kemungkinan besarsumber
pendapatan yang stabil mungkin database-nya ratusanjutaan tweet real-time.
Perusahaan besarseperti Starbucks, Amazon, Intuit (QuickBooks danMint.com), dan
Dell telah menggunakan Twitter untuk memahamibagaimana pelanggan mereka
bereaksi terhadap produk,layanan, dan situs Web, dan kemudian membuat
koreksiatau perubahan layanan tersebut dan produk.
Twitter adalah posting mendengarkan hebat di perbatasan
Internet.Kemungkinannya tak terbatas, dan hampir semua dariskenario di atas
menawarkan beberapa solusi untuk perusahaanmasalah, yang adalah kurangnya
pendapatan (lupatentang keuntungan). Perusahaan ini mengumumkan malu-malu
tentangmodel bisnis, apa yang digambarkan sebagai cendekiawanbersembunyi di balik
"Silicon Valley senyum Mona Lisa."Bandara Wall Street pakar dianggap
partaipoopers di lembah. Dalam mengangguk ke iTunes Apple danLayanan merchant
Amazon, Twitter telah diserahkankemampuan messaging dan platform perangkat
lunak untukorang lain, salah satunya adalah CoTweet.com, sebuah perusahaanyang
menyelenggarakan beberapa pertukaran Twitter untuk pelanggansehingga mereka
dapat lebih mudah dilacak.
Google adalahmenjual unit iklan berbasis di sekitar lima
terakhir perusahaantweet (iklan ditampilkan kepada pengguna yang telah
menciptakanatau dilihat tweet tentang sebuah perusahaan). Twitter
tidakpengisian untuk layanan ini. Sementara itu, pengamatbertanya-tanya apakah
Twitter yang berkicau pergi aset danmungkin tidak pernah menunjukkan keuntungan
bagi perusahaan $ 160.000.000investasi.Sumber: Matius Shaer, "Twitter Hits
145 Juta Pengguna Mark, SeesKenaikan Gunakan Ponsel, "Christian Science
Monitor, 3 September 2010;Jason Lipshutz, "Lady Gaga untuk mencuri Britney
Spears 'Twitter Crown,"Reuters, 19 Agustus 2010; Emir Afrati,
"Twitter Awal Ploy Iklan BirdMembawa Penerbangan, "Wall Street
Journal, 14 Juli 2010; Jessica Guynn," TwitterTes Tren Baru Dipromosikan
Fitur dengan 'Toy Story 3' dari DisneyPixar, "Los Angeles Times, 16 Juni 2010;
Erica Naone," Will Twitter IklanStrategi Kerja, "Technology Review 15
April 2010; Jessica Vascellarodan Emily Steel, "Twitter Rolls Out
Iklan," Wall Street Journal, 14 April2010; Brad Stone, "Twitter
Valuasi terakhir: $ 1 Miliar," New YorkKali 24 September 2009; Jon Baik, "Twitter
Membuat Racket a. TapiPendapatan? "Business Week, 9 April 2009
Case study
1. Berdasarkan bacaan Anda dalam bab ini, bagaimana akanAnda
mencirikan model bisnis Twitter?
2. Jika Twitter adalah untuk memiliki model pendapatan, mana
darimodel pendapatan dijelaskan dalam bab ini akan bekerja?
3. Apa adalah aset yang paling penting bahwa Twitter
memiliki,dan bagaimana hal itu bisa menguangkan aset ini?
4. Apa dampak akan sebuah pelanggan yang tinggi tingkat
churn telah pada potensial pendapatan iklan Twitter?
question:
Jawaban :
1.Model bisnis twitter
sepertie-commerce penjualan platform mirip dengan Amazon. Perusahaan
besarseperti Starbucks, Amazon, Intuit (QuickBooks danMint.com), dan Dell telah
menggunakan Twitter untuk memahamibagaimana pelanggan mereka bereaksi terhadap
produk,layanan, dan situs Web, dan kemudian membuat koreksiatau perubahan
layanan tersebut dan produk.
2.membuat inovasi terbaru untuk
memudahkan setiap orang yang menggunakan twitter.juga dapat ditambah games
untuk menambah minat untuk kalangan anak anak.dan juga dapat ditambah dengan
icon budaya,religious music dll
3. twitter memiliki aplikasi real
time dimana setiap orang bisa melihat informasi yang sedang berkembang di
dunia.jadi hanya lewat twitter,semua orang tau informasi apa saja yang sedang
berkembang pada saat itu.
4. dampakanya perusahaan mereka
dapat dilihat oleh orang diseluruh dunia. Jadi dapat meningkatkan
pemasarannya.contohnya iklan blackberry z10 yang iklan tersebut di promoted
oleh twitter for blackberry untuk pengguna twitter di seluruh indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar